Home Blog Hukum Cincin Kawin Untuk Pria Muslim

Hukum Cincin Kawin Untuk Pria Muslim

Thursday, September 17th 2015.

Cincin kawin bagi pria muslim tidak sama dengan cincin kawin yang dipakai wanita muslim, wanita diperbolehkan menggunakan bahan apapun. Namun sebaliknya pria muslim diharamkan memakai perhiasan dari emas sesuai sabda Nabi SAW :
“Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria.”
(HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392)
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki)”
(HR. Bukhari no. 5863 dan Muslim no. 2089)
telah dijelaskan pada kedua hadist diatas bahwa laki-laki muslim diharamkan memakai perhiasan yang terbuat dari emas apapun alasannya termasuk dalam urusan pernikahan sekalipun. Lalu apakah boleh dengan bahan yang lain selain emas? tentu saja bisa. Pria muslim dapat menggunakan cincin kawin yg tidak terbuat dari emas. Dalam pembuatan cincin 2 bahan yang populer di masyarakat selain emas adalah perak dan palladium yang mempunyai kualitas yang tidak kalah dari emas.

Yang menjadi kabar gembira adalah bahwa harga dari perak dan palladium jauh lebih murah dari emas, sehingga selain anda bisa menggunakan cincin yang halal sesuai syariat islam juga dapat menghemat budget pembelian cincin.

Antara palladium dan perak mana yang lebih bagus? berikut fakta yang bisa kami kumpulkan:
1. Cincin Palladium jauh lebih awet daripada cincin perak karena tidak teroksidasi oleh asam sehingga tidak mudah menghitam
2. Harga palladium lebih mahal daripada perak namun anda tidak rugi karena kualitasnya jauh lebih bagus dan lebih keras
3. perawatan cincin kawin palladium lebih mudah dari cincin perak
4 warna cincin palladium sangat awet dan tidak mudah memudar

berdasarkan fakta diatas bisa kita simpulkan bahwa anda dapat memilih cincin kawin palladium sebagai pilihan yang tepat, namun untuk anda yang mempunyai budget terbatas anda juga bisa menggunakan cincin perak. Anda tetap dapat menggunakan cincin kawin dengan harga jauh lebih murah dari cincin emas dengan kualitas bagus dan tentu saja pernikahan anda menjadi barokah karena jauh dari perkara yang di haramkan oleh Allah SWT. Untuk mengetahui katalog bisa klik di cincin kawin muslim